Selasa, 13 Maret 2012

Resume Kelompok 2

Perilaku Konsumen


Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan.

Perilaku konsumen adalah aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau jasa.

Perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Perilaku Konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomi yang selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu.


10 kategori perilaku konsumen :
1. Berpikir jangka pendek
2. Tidak terencana
3. Suka berkumpul
4. Gagap teknologi
5. Berorientasi pada konteks
6. Suka buatan luar negeri
7. Beragama
8. Gengsi
9. Budaya lokal
10. Kurang peduli lingkungan

Pendekatan Perilaku Konsumen
1. Pendekatan Kardinal
2. Pendekatan Ordinal

Pertanyaan :
Pada 10 kategori perilaku konsumen, apa upaya yang dilakukan agar kita (masyarakat Indonesia) dapat menyukai produk dalam negeri?

Jawab :
Contohnya batik, sekarang ini banyak fashion yang menampilkan batik dengan model atau bentuk yang lebih bagus dan trendy. Ada yang dijadikan jaket, cardigan, kaos, dll. Dilakukan seperti itu agar masyarakat mau mengenakan batik tidak hanya di acara resmi, tapi juga dapat dikenakan ke tempat-tempat yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar