Struktur Pasar
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Jenis pasar :
1. Pasar Persaingan Sempurna
- terjadi jika penjual dan pembeli banyak tetapi barangnya hanya 1 (homogen)
- sensitif terhadap perubahan harga
- mudah masuk / keluar pasar
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
- pasar monopoli : hanya ada satu produk, tidak perlu strategi / promosi
- pasar oligopoli : harga relatif sama, sulit masuk ke pasar
- pasar monopolistik : mirip dengan pasar persaingan sempurna, mudah keluar / masuk pasar
- pasar duopoli : adanya hak paten (susah berkompetisi)
Pertanyaan :
Provider itu termasuk pasar persaingan sempurna atau pasar monopolistik?
Jawab :
Pasar monopolistik, karena provider itu kan banyak jenisnya (serupa tapi tak sama)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar